Kamis, 11 September 2014

Sedekah Harus Ikhlas ?



 
Sedekah harus IKHLAS ? 

Siapa bilang sedekah itu harus ikhlas ? Memang idealnya seluruh ibadah harus ikhlas. Termasuk sedekah. Namun demikian, kalau awal – awal belum ikhlas, yah ngga apa – apa. Hitung – hitung latihan. Awalnya tidak biasa, jadi jadi bisa ,lama- lama jadi terbiasa . Nanti lama – lama juga ikhlas, Insya Allah. Tentu.. ikhlaslah yang dijadikan tujuan.
Katakanlah Anda belum ikhlas. Namun Anda berusaha untuk ikhlas dan tetap bersedekah. Itu jauh lebih baik. Daripada menunggu ikhlas dulu, baru bersedekah. Wooi , kelamaaannn !!!
Coba deh nguping percakapan berikut..
A  : “Pak, mohon sedekahnya. Saya  kelaparan.”
B  : “Ntar Deh. Sekarang hati saya belum ikhlas.”
A  :  “Waduh, tolonglah Pak. Saya hampir sekarat nih.!”
B  : “Yah, gimana lagi.. hati saya belum ikhlas. Ntar sedekah saya jadi sia – sia. “
Beginilah orang pelit. Nunggu lebaran monyet dulu, baru bersedekah. Celakanya. si pengemis keburu mati ! Celakanya lagi si orang pelit keburu mati sebelum sempat beribadah , sebelum sempet  sedekah ! 
 
 
Atau ada lagi orang yang beranggapan sedekah itu kalau sudah mampu. Aah saya masih kekurangan, nanti aja sedekahnya padahal sedekah itu untuk “memancing” rejeki. Semua sedekah akan diganti oleh Allah berlipat. Itu janji Allah, ngga pake ragu- ragu. PASTI !
Setiap orang pelit berdebat soal ikhlas, sampai – sampai tidak jadi beribadah, tidak jadi bersedekah. Dalilnya, “daripada tidak ikhlas? Kan nanti sia- sia” atau bersedekah sedikit dalilnya “biar sedikit asal ikhlas” Lha, apa yang mau di ikhlasin? Wong Nominalnya Sedikit ! hehehehe! 
 
Perdebatan soal ikhlas tidak ikhlas itu hanya untuk para pemula. Sejatinya untuk para ahli sedekah, ikhlas itu sudah otomatis. Para ahli sedekah berusaha naik ke tingkatan berikutnya yaitu .. seberapa sering sedekah dan seberapa banyak sedekah.
Mudah- mudahan kita termasuk orang yang sering dan banyak sedekah. Bukannya malah komat – kamit berdebat soal ikhlas tapi ga action – action !
Kesimpulannya, tetaplah bersedekah, entah sudah ikhlas atau belum ikhlas. By the way, kita tahu darimana kita sudah ikhlas atau belum? Hanya Dia Yang Maha Mengetahui. Jadi tetaplah bersedekah karena kita tidak tahu ikhlas sejati itu seperti apa. Kita cuma bisa “berusaha untuk ikhlas” Cuma itu… Yuuk berbagi dengan sesama ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar